Kamis, 04 April 2013

HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ANATOMI FISIOLOGI PADA MAHASISWA D III KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO


ABSTRAK

Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisa hubungan antara minat dengan prestasi belajar mata kuliah Anatomi Fisiologi; 2) Menganalisis hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar mata kuliah Anatomi Fisiologi; dan 3) Menganalisis hubungan antara minat dan motivasi dengan prestasi belajar mata kuliah Anatomi Fisiologi Mata Kuliah Anatomi Fisiologi pada Mahasiswa Program Studi D  III Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan  menggunakan rancangan korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester I Program Studi D III Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Sampel penelitian berjumlah 90 mahasiswa yang diambil secara random.

Hasil:  analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa, hal ini dapat diketahui dari hasil uji F dimana P-Value = 0.000, nilai tersebut lebih kecil dari α = 0,05 dan hasil uji signifikansi koefisien regresi yang menunjukkan  sig.(P-Value) = 0,000 < α = 0.05; 2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi mahasiswa dengan prestasi belajar, hal ini dapat dilihat dari Uji F dimana didapatkan P-Value = 0,03, dan hasil uji signifikansi koefisien regresi yang menunjukkan hasil sig.(P-Value) = 0,03 < α = 0,05; 3) Terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini didasarkan pada Uji korelasi ganda yang menunjukkan sig.P-Value = 0,001 < α = 0,05 dan hasil uji signifikansi koefisien regresi dimana hasil sig.(P-Value) X1 = 0,002 dan P-Value X2 = 0,008 < α = 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Kesimpulan: dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tingginya minat belajar dan motivasi belajar secara bersamaan akan meningkatkan prestasi belajar; maka untuk meningkatkan prestasi belajar sebaiknya sejak awal perkuliahan dosen perlu menumbuhkankembangkan minat belajar dan motivasi belajar pada mahasiswa sehingga diharapkan prestasi belajar akan meningkat.

Kata kunci : Minat, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.


Penulis:
Sulistyo Andarmoyo1
Dipublikasikan di: Florence (Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kesehatan)
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Vol. 1, No. 5 Januari 2012. ISSN: 1978-8916

Tidak ada komentar:

Posting Komentar