ABSTRAK
Tujuan: penelitian ini
bertujuan untuk: 1) Menganalisa hubungan antara minat dengan prestasi belajar mata
kuliah Anatomi Fisiologi; 2) Menganalisis hubungan antara motivasi dengan
prestasi belajar mata kuliah Anatomi Fisiologi; dan 3) Menganalisis hubungan
antara minat dan motivasi dengan prestasi belajar mata kuliah Anatomi Fisiologi
Mata Kuliah Anatomi Fisiologi pada Mahasiswa Program Studi D III Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Metode: Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan rancangan korelasional. Populasi
penelitian adalah mahasiswa semester I Program Studi D III Keperawatan Fakultas
Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Sampel penelitian berjumlah
90 mahasiswa yang diambil secara random.
Hasil: analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat
terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi
belajar mahasiswa, hal ini dapat diketahui dari hasil uji F dimana P-Value =
0.000, nilai tersebut lebih kecil dari α = 0,05 dan hasil uji signifikansi
koefisien regresi yang menunjukkan
sig.(P-Value) = 0,000 < α = 0.05; 2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi mahasiswa
dengan prestasi belajar, hal ini dapat dilihat dari Uji F dimana didapatkan
P-Value = 0,03, dan hasil uji signifikansi koefisien regresi yang menunjukkan
hasil sig.(P-Value) = 0,03 < α = 0,05; 3) Terdapat hubungan yang positif
yang signifikan antara minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar
mahasiswa. Hal ini didasarkan pada Uji korelasi ganda yang menunjukkan
sig.P-Value = 0,001 < α = 0,05 dan hasil uji signifikansi koefisien regresi
dimana hasil sig.(P-Value) X1 = 0,002 dan P-Value X2 = 0,008 < α = 0.05
sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulan: dari hasil
penelitian tersebut menunjukkan bahwa tingginya minat belajar dan motivasi
belajar secara bersamaan akan meningkatkan prestasi belajar; maka untuk
meningkatkan prestasi belajar sebaiknya sejak awal perkuliahan dosen perlu
menumbuhkankembangkan minat belajar dan motivasi belajar pada mahasiswa
sehingga diharapkan prestasi belajar akan meningkat.
Kata
kunci :
Minat, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Penulis:
Sulistyo Andarmoyo1
Dipublikasikan
di: Florence
(Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kesehatan)
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Vol. 1, No. 5 Januari 2012.
ISSN: 1978-8916
Tidak ada komentar:
Posting Komentar